Focal Point Adalah Faktor Penting dalam Tata Ruang, Ini Cara Buatnya!

Untuk memperkuat estetika suatu ruangan, focal point adalah hal yang yang sangat penting untuk dihadirkan dan dibentuk. Bagaimana cara menghadirkannya dalam interior rumah Anda?

,

Pada dasarnya focal point adalah salah satu faktor penting, dalam tata ruang dan estetika sebuah bangunan. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor ini adalah titik fokus, dari tema atau konsep ruangan itu sendiri. Jadi, penting untuk menghadirkan faktor ini, pada bangunan atau rumah impian yang kamu tempati!

Focal Point Adalah

Pada dasarnya focal point adalah elemen sebuah ruangan, yang dibuat lebih menonjol untuk menarik perhatian atau fokus seseorang. Umumnya elemen akan dibuat paling mencolok, sehingga menjadi pusat perhatian sekaligus penegas konsep ruangan itu sendiri.

Selain menjadi pusat perhatian, titik ini juga akan menjadi acuan untuk elemen pendukung atau ornamen lainnya. Faktor ini sendiri bisa Anda terapkan dengan berbagai elemen, mulai dari furniture, ornamen, karya seni, bahkan cat dinding juga bisa jadi focal point itu sendiri.

Baca juga: Apa Beda ASD dan LRFD? Metode Mana yang Lebih Baik?

Cara Membuat atau Menghadirkan Focal Point

Karena titik fokus adalah faktor berpengaruh dalam estetika dan tata ruang, maka Anda harus mempelajari  cara-cara ini. Sehingga Anda bisa membuat atau menghadirkan titik fokus dengan sempurna.

1. Menentukan Objek yang Jadi Titik Fokus

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan objek yang akan dijadikan pusat perhatian. Anda bisa menentukan berbagai objek bahkan lebih dari satu, untuk menghadirkan titik fokus yang lebih menarik. Langkah ini jadi awalan untuk menentukan tata ruang dan pemilihan objek pendukung lainnya.

2. Pilih Warna yang Sesuai Konsep dan Focal Point

Baik dari ornamen, objek maupun cat dinding, pastikan untuk menyesuaikan dan menyelaraskannya. Memilih warna yang tepat, pastinya akan meningkatkan estetika ruang. Jika anda memilih cat dinding sebagai titik fokus, jangan takut untuk bermain warna! Menentukan palet warna sesuai konsep, bisa jadi opsi terbaik!

3. Perhatikan Pencahayaan dan Tata Letak Titik Fokus

Walaupun titik fokus adalah titik fokus sebuah ruangan, tak serta merta dan harus anda sorot. Namun, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan mulai dari peletakan dan pemilihan jenis lampu, maupun posisi terbaik dari objek yang anda pilih. Perpaduan dua hal ini nantinya bisa memberi kesan yang lebih menonjol untuk objek tersebut

4. Sejajarkan Pada Sumbu Tertentu

Jika Anda memilih membuat atau menghadirkan lebih dari satu titik fokus, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mensejajarkan objek pada garis sumbu yang sama. Caranya dengan membayangkan memisahkan pandangan Anda jadi beberapa grid, lalu cari sumbu terbaik untuk memposisikan objek-objek tersebut.

Nah, itulah cara mudah untuk membuat atau menghadirkan titik fokus di ruangan yang Anda pilih. Karena focal point adalah karakter utama, maka  keselarasan dengan konsep harus saling melengkapi. Selain itu, objek dan elemen pendukung lain, sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama.