Bagaimana cara menghitung kebutuhan paving block? Cari tahu di sini

Cara Menghitung Kebutuhan Pavling Block dengan Benar

Bagi Anda yang berencana memasang paving block atau juga dikenal dengan conblock, sebaiknya ketahui cara perhitungan tepatnya untuk menghemat anggaran

,

Bagaimana cara menghitung kebutuhan paving block? Kami akan membahasnya di artikel ini. Biasanya, paving block dipakai untuk menutup permukaan tanah.

Bagi Anda yang berencana memasang paving block atau juga dikenal dengan conblock, sebaiknya ketahui cara perhitungan tepatnya untuk menghemat anggaran. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kekurangan atau kelebihan unit ketika proses pemasangan.

Kebutuhan Paving Block Per Meter Persegi

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ketahui terlebih dahulu jenis paving block karena di pasaran tersedia conblock dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Diketahui, jumlah per meter persegi berbeda tergantung dari modelnya. Untuk lebih mudah, kami akan menghitung luas bidang yang akan dipasangi dalam satuan meter persegi. Nantinya, penjual paving akan membantu menghitung jumlah yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

Selain menanyakan ke penjual paving, Anda juga perlu menghitung sendiri untuk mengetahui secara detail berapa yang dibutuhkan. Berikut rumus dan contohnya:

Andi berencana melakukan pemasangan paving block pada halaman dengan ukuran 4 meter x 5 meter persegi, sehingga luas total keseluruhan adalah 20 meter persegi.

Perhitungan jumlah paving untuk halaman seluas 20 meter persegi, tergantung dari jenis yang akan digunakan, yakni :

Jadi, untuk kebutuhan pemasangan paving block pada halaman dengan ukuran 4 meter x 5 meter yakni angka yang ditujukkan di atas, tergantung jenis mana yang akan dipakai.

Selain melakukan perhitungan dengan metode di atas, ada cara lain yang lebih sederhana. Cobalah untuk memasang paving block dengan luas 1 meter persegi.

Selanjutnya, hitung paving block yang terpasang di sana. Nantinya, Anda bisa mengetahui secara pasti jumlah per meter perseginya.

Anda juga bisa mengetahui jumlah total untuk luas bidang tertentu dengan mengalikan antara luasan total dengan jumlah paving block per meter persegi.

Contoh :

Pak RT ingin mengetahui jumlah paving block yang dibutuhkan untuk jalan dengan panjang 20 meter dan lebar 1 meter. Pak RT kemudian melakukan uji coba pemasangan.

Di ketahui dalam bidang seluas 1 meter persegi dibutuhkan 50 buah paving blok. Jadi, kebutuhan untuk bidang 20 x 1 meter = 20 meter persegi adalah:

Itulah cara menghitung kebutuhan paving block untuk menutupi area halaman rumah atau area lain di bangunan. Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran luas yang akan dihitung dan jenis paving yang akan digunakan.

Penting diketahui bahwa saat proses pengerjaan tak jarang terjadi resiko pecah. Karena itu, tak ada salahnya untuk membeli stok paving tambahan untuk meminimalisir hal tersebut.

Editor: Adskhan Fawwaz Al Farizi