Inilah cara menhitung kebutuhan keramik dan granit 60x60 secara akurat

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Granit 60x60

Keramik atau granit ukuran 60x60 diklaim bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

,

Di artikel ini kami akan membahas cara menghitung kebutuhan keramik dan granit 60x60. Ukuran tersebut merupakan umum yang banyak digunakan orang. 

Keramik atau granit ukuran 60x60 diklaim bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Jika ingin merenovasi rumah dengan keramik atau granit dengan ukuran tersebut, perlu dicari tahu berapa kira-kira jumlah yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Granit Lantai 60 x 60

Granit sebagai penutup lantai cukup populer hingga saat ini. Desainnya yang mewah dan elegan merupakan point plus jika menggunakan material ini. 

Granit dan keramik memiliki berbagai ukuran, mulai dari 20, 60 hingga meteran. Untuk memudahkan, berikut panduan menghitung kebutuhan granit lantai berukuran 60x60.

1. Hitung Luas Area yang Akan Dipasang Keramik atau Granit

Cara menghitung keramik dan granit ukuran 60x60 pertama kali yakni menghitung luas area yang akan dipasangi. 

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bentuk ruangan yang akan dipasang granit, apakah berbentuk persegi panjang, persegi atau lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan ukuran granit yang sesuai dengan ruangan Anda. 

2. Perhatikan Jumlah Granit Lantai per Dusnya

Setelah mengetahui lulusan area yang akan dipasangi keramik atau granit, selanjutnya hitung granit yang dibutuhkan untuk area tersebut. Tapi, sebelum menghitung kebutuhan, perlu diketahui terlebih dahulu panduan ukuran dan isi granit tiap dusnya.

Ukuran 20x20 biasanya berisi 25 pcs, jumlah tersebut akan cukup untuk menutup lantai seluas 1m2. Untuk granit lantai berukuran 60x60 biasanya berisi 4 pcs per dus. Jadi, 1 dus granit 60x60 bisa dipasang untuk lantai seluas 1,44 m2.

3. Hitung Kebutuhan Keramik dan Granit Lantai Berdasarkan Ukuran dan Luas Area

Terakhir, Anda perlu menghitung kebutuha granit berdasarkan data yang didapatkan sebelumnya. Misalnya, area yang akan dipasang granit berukuran 5x5 meter, jadi luas area tersebut yakni 25 meter.

Jika ingin menggunakan granit berukuran 60x60, maka perhitungannya yakni sebagai berikut :

Maka, jumlah granit yang dibutuhkan untuk lantai dengan luas 25 meter adalah 18 dus granit atau keramik berukuran 60x60. 

Untuk mengantisipasi adanya produk yang pecah atau rusak dan kebutuhan potongan keramik untuk sisi atau sudut ruangan, Anda bisa menambahkan tambahan sebesar 5%.

Cadangan keramik juga suatu saat akan berguna jika di masa mendatang membutuhkan pergantian keramik atau granit dengan kode shading yang sama agar tidak belang.

Proses pembakaran, terutama pada keramik tile akan menghasilkan warna atau shade berbeda meskipun kode serinya sama. Karena itulah, persediaan ini cukup penting untuk memudahkan proses penggantian atau pencarian produk sesuai dengan jenis keramik yang telah dipasang sebelumnya.

Granit dan keramik sendiri punya banyak motif dan desain yang bisa disesuaikan dengan konsep ruangan yang diinginkan. 

Untuk granit, keunggulan utaanya adalah kekuatan pada bodi yang tahan terhadap beban tekanan sampai dengan 400kg/cm2. Karena itulah, granit cocok jika digunakan untuk ruangan dengan aktivitas tugas berat. 

Daya serap air yang sangat rendah, hanya 0.05% saja membuat granit bisa langsung dipasang tanpa harus direndam dulu seperti halnya menggunakan keramik. Baik keramik atau granit punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua kembali ke kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Demikian panduan menghitung kebutuhan keramik dan granit lantai 60 x 60. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menghitung kebutuhan granit untuk bangunan.

Editor: Adskhan Fawwaz Al Farizi