Ketahui cara menghitung kebutuhan plafon gypsum untuk hunian Anda di sini

Cara Menghitung Kebutuhan Gypsum Untuk Plafon Rumah Mudah

Di sini ini kami akan membahas cara menghitung kebutuhan plafon gypsum dengan tepat agar Anda memiliki gambaran budget dan ukuran yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Gypsum Untuk Plafon Rumah Mudahvia Freepik

Apakah sedang mencari cara menghitung kebutuhan gypsum untuk plafon rumah? Beruntung, Anda berada di tempat yang tepat

Apakah sedang mencari cara menghitung kebutuhan gypsum untuk plafon rumah? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. 

Plafon merupakan salah satu elemen penting saat membangun rumah. Jika berencana membangun, sebaiknya lakukan perhitungan matang di semua aspeknya, termasuk plafon.

Di artikel ini kami akan membahas cara menghitung kebutuhan plafon gypsum dengan tepat agar Anda memiliki gambaran budget dan ukuran yang dibutuhkan.

1. Persiapkan Semua Material Untuk Plafon

Cara menghitung kebutuhan gypsum untuk plafon rumah yang pertama yakni menyiapkan semua material untuk kebutuhan pemasangan plafon.

Dalam hal ini dibutuhkan rangka plafon berupa besi hollow dan juga list gypsum. Contohnya perhitungan dengan luas 5x5 meter.

2. Menghitung Total Papan Gypsum

Papan gypsum merupahan material utama yang digunakan untuk plafon. Biasanya ukuran gypsum standar yakni 1,4 meter x 1,2 meter dengan total luas 2,88 meter persegi. 

Misalnya, kita akan memasang gypsum di ruangan berukuran 5x5 , rumusnya yakni luas ruangan : luas papan. Dalam hal ini luas ruangan 25 : 2,88 = 8,6 ( dibulatkan menjadi 7).

Dari contoh tersebut, diketahui jika ukuran ruangan dengan panjang 5 meter dan lebar 5 meter membutuhkan 7 lembar papan gypsum. Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan luas ruangan yang dimiliki. 

3.  Hitung Kebutuhan Kawat Hollow

Kawat hollow dibutuhkan untuk penyangga agar gypsum kuat dan tidak mudah ambrol. Ukuran besi yang bisa digunakan sekitar 

Kawat hollow diperlukan sebagai rangka dan kawat penyangga agar papan gypsum kokoh dan tidak berjatuhan. Anda bisa menggunakan kawat dengan ketebalan 2 mm atau lebih sesuai kebutuhan.

Untuk pembuatan rangka hollow, dibutuhkan kawat dengan panjang 60 cm sebagai rangka vertikal. Sementara untuk crossnya dibutuhkan 3 baris tambahan pada bagian tengah serta 2 rangka di sisi kanan dan kiri.

Berikut contoh menghitung kebutuhan kawat hollow pada ruang berukuran 5x5 meter secara detail :

  • Jarak rangka kawat hollow 60 cm = 0,6 meter
  • Kebutuhan isian rangka = 5 meter / 0,6 meter = 8,3 meter (dibulatkan saja menjadi 9 meter)
  • Jumlah rangka vertikal 9 x 5 = 45 meter
  • Jumlah rangka cross = 3 baris x 5 meter = 15 meter
  • Total keliling ruangan = 5 meter x 4 = 25 meter

Jumlah rangka kawat hollow = total keliling ruangan + total rangka vertikal + total rangka cross. Jadi = 25 + 45 + 15 = 85 meter

Jika panjang kawat hollow sekitar 4 meter, untuk menghitung total kawat yang dibutuhkan yakni : 

  • Panjang kawat hollow per batang= 4 meter
  • Total kebutuhan = 85 / 4 = estimasi 23 batang

4. Menghitung List Gypsum

Setelah menghitung total papan gypsum dan kawatnya, list gypsum juga tak boleh dilewatkan. Untuk menghitungnya sangatlah mudah, berikut rincian lengkapnya :

  • Panjang ruangan : 5 meter
  • Lebar ruangan : 5 meter
  • List gypsum ( panjang + lebar ) x 2. Jadi = (5 + 5) x2, total list yang dibutuhkan yakni 20 meter persegi.

Setelah mengetahui cara menghitung gypsum untuk plafon rumah, Anda bisa menyiapkan anggaran untuk pemasangannya. 

Dikutip dari laman harga.top, harga plafon gypsum per meter beragam tergantung dari jenis dan rangkanya. Jika ingin menggunakan rangka hollow Meni, harganya mulai dari Rp 106 ribu per meter persegi.

Sementara jika ingin menggunakan rangka hollow galvalum, harganya sekitar Rp 112 ribu per meter persegi. Tapi perlu diketahui, harga tersebut tidak mutlak tergantung harga pasar. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini