Bagaimana cara menghitung kebutuhan batako?

Cara Menghitung Kebutuhan Batako, Mudah dan Tepat

Batako terbuat dari campuran antara semen dan pasir yang diklaim mampu menggantikan bata merah karena beberapa keunggulannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako, Mudah dan Tepatvia Freepik

Sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jumlah total kebutuhan batako

Bagaimana cara menghitung kebutuhan batako? Kami akan membahasnya di artikel ini. Batako sendiri merupakan salah satu material yang bisa digunakan sebagai kontruksi dinding.

Material ini terbuat dari campuran antara semen dan pasir yang diklaim mampu menggantikan bata merah karena beberapa keunggulannya. Sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jumlah total kebutuhan batako. Kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap.

Ukuran Standar Batako

Untuk mengetahui total batako yang dibutuhkan, tentunya Anda perlu mengetahui berapa ukuran batako yang akan digunakan. Biasanya, orang-orang memilih menggunakan ukuran standar.

Ukuran standar batako yakni berbentuk persegi dengan panjang 40 cm, tinggi 20 dan tebal 10 cm. Biasanya, material ini punya lubang di tengah sebagai pengikat adukan atau bahan perekat.

Harga Batako Per Biji

Setelah mengetahui ukuran standar batako, penting juga untuk tahu mengenai harga di pasaran sekarang. Biasanya penjual menjual dengan harga satuan atau per kubik, tergantung pesanan pembeli.

Untuk harga satuan, mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 6.500 tergantung kualitas dan merk. Sebaiknya pilih batako dengan kualitas terbaik agar kontruksinya kuat.

Menghitung Kebutuhan Batako Per Meter Persegi
Jika berencana menggunakan batako dengan ukuran standar 40 cm x 20 cm x 10 cm dengan jarak adukan 2 cm, dibutuhkan 11 buah untuk satu meter persegi. 

Itu didapatkan dari jumlah batako utuh sebanyak 5 buah dan batako terpotong 3. Sehingga jika ditotal menjadi 11 buah.

Cara Menghitung Jumlah Batako Untuk Dinding

Setelah menghitung kebutuhan batako per meter, selanjutnya hitung untuk dinding rumah seluas yang dibutuhkan. Berikut caranya :

1. Hitung Volume Luas Dinding

Pertama, hitunglah luas dinding yang akan dipasangi material batako. Misalnya, dinding tersebut memiliki panjang 20 meter dan tinggi 3 meter. Perhitungannya yakni :

  • Volume luas dinding = Panjang x Tinggi
  • Volume luas dinding = 20 m x 3 m = 60 m2

2. Hitung Total Kebutuhan Batako

Selanjutnya, hitung total kebutuhan batako yang akan dipasang. Tadi, kita sudah tahu bahwa kebutuhan batako ukuran 40 x 20 x 10 per meter yakni 11 buah, kalikan saja dengan volume luas dinding. 

  • Total kebutuhan batako = 60 m2 x 11 buah = 660 buah

Penting juga menambahkan material cadangan untuk berjaga-jaga jika ada yang pecah sebesar 3% dari total kebutuhan. Jika totalnya adalah 660 buah, jadi cadangannya yakni 3% x 660 = 19, 8 atau dibulatkan menjadi 20 buah.

3. Hitung Biaya Pembelian Batako

Dari hasil perhitungan diatas, disimpulkan bahwa untuk membangun dinding seluas 60 meter persegi dibutuhkan 660 + 20 (cadangan) = 680 buah. 

Jika harga batako per biji Rp 5.000, dibutuhkan dana sebesar Rp 5.000 x 680 = Rp 3.400.000. Biaya tersebut hanya untuk material saja, belum termasuk ongkos bongkar muat. 

Agar pemasangannya mudah, Anda membutuhkan alat pembantu mulai dari tiang kayu untuk tiang pancang, batu lot untuk mengukur kelurusan tiang, dan benang tukang sebagai jalur pemasangan. Tak lupa juga juga pasir halus yang bagus dan selang timbangan air untuk menentukan rata batako pertama.

Jika semua sudah tersedia, pertama, letakan tiang pancang di tiap sudut area pemasangan. Selanjutnya rentangkan benang dari ujung ke ujung. Barulah, batako bisa dipasang. Penyusunan juga harus dilakukan secara selang-seling agar kunciannya erat.

Demikan penjelasan tentang cara menghitung kebutuhan batako per meter dan luas dinding serta budget yang dibutuhkan untuk membelinya.

Rumus di atas juga bisa digunakan untuk menghitung material dinding lainnya seperti bata ringan atau hebel, hanya perlu mengganti dimensi ukurannya saja. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini