via Freepik (construction worker coating epoxy paint)

Jika berencana untuk menambahkan lapisan epoxy ke lantai bangunan, Anda pasti bertanya-tanya berapa banyak yang dibutuhkan

Cara Menghitung Cat Epoxy Sebagai Pelapis Lantai

Berapa banyak epoxy yang dibutuhkan tergantung dari banyak faktor

,

Jika berencana untuk menambahkan lapisan epoxy ke lantai bangunan, Anda pasti bertanya-tanya berapa banyak yang dibutuhkan. Karena itu, kali ini kami akan membahas cara menghitung cat epoxy dengan tepat.

Berapa banyak epoxy yang dibutuhkan tergantung dari banyak faktor. Kami akan membahas semua hal yang perlu perhitungkan sebelum mulai mengukur resin dan pengeras, dan mencoba memberi penjelasan sedetail mungkin.

Ketahui Bahan yang Aakan Digunakan

Sebelum membahas cara menghitung cat epoxy, ketahui terlebuh dahulu jenis bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan jumlahnya tergantung dari jenis lapisan yang secara umum terdiri dari jenis polimer dan campuran kering.

Polimer biasanya digunakan pada dua komponen yakni pengeras dan resin yang dijual dalam bentuk kaleng logam. Sementara campuran kering digunakan berdasar komponen pengikat, misalnya plester atau semen dan dijual dalam bentuk kantong kertas.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengaplikasikan Epoxy

Jika ingin menggunakan cat epoxy untuk lantai, pertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Hitung Area Permukaan yang Akan Dikerjakan

Pertama, hitung area lantai yang akan dilapisi cat epoxy. Anda hanya perlu mengukur sisi ruangan dan mengalikannya hingga didapatkan luas ruangan.

2. Ketebalan Lapisan

Ketebalan cat mempengaruhi perhitungan cat yang dibutuhkan. Untuk menentukan ketebalan lapisan, ukur jarka dari dasar kasar lantai ke lantai yang sudah jadi.

Draft floor biasanya berupa slab lantai beton atau penutup lantai yang kuat sebelumnya. Permukaan akhir merupakan bahan finishing lantainya.

3. Ketahui Luas dan kualitas lantai

Luas dan kualitas lantai juga mempengaruhi jumlah bahan epoxy yang digunakan. Makin besar ketidak rataan lantai dan kualitasnya yang buruk, makin besar campuran epoxy yang dibutuhkan.

Jika kondisi seperti itu, opsi terbaik adalah gunakan terlebih dahulu screed semen atau poliuretan yang akan membantu meratakan untuk memperbaiki lantai dasar yang rusak.

Cara Menghitung Cat Epoxy

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dipertimangkan, sekarang masuk ke pembahsan utama yakni cara menghitung. Berikut langkahnya.

1. Perhitungan Untuk Campuran Epoxy Konstruksi Kering

Metode ini menggunakan bahan kering dan penuangan harus dilakukan dalam satu langkah saja. Isi kasar di awal yang tidak rata dan perataan selanjutnya dengan lapisan yang lebih tebal sangat tidak dianjurkan.

Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan dan sifat kekuatan serta daya tahan lantai. Campuran berbeda memiliki kerapatan yang berbeda pula.

Misalnya, jenis gypsum kerapatannya sekitar 150 kg/m3, sementara semen sekitar 220 kg/m3. Gypsum memiliki campuran yang lebih sedikit dibanding semen. 

Anda juga bisa menggunakan perhitungan epoxy menggunakan bahan yang dibutuhkan dalam jumlah liter. Satu liter campuran mampu mengisi 1 m2 lantai dengan ketebalan 1 mm. Tapi, cara ini mungkin kurang efektif karena campuran yang dijual biasanya dalam bentuk kilogram.

2. Perhitungan Untuk Campuran Polimer

Perhitungan epoxy juga mempertimbangkan teknologi yang akan digunakan saat instalasi. Versi single-layer misalnya dengan satu isian, ketebalannya harus diperhitungkan.

Teknologi multilayer menawarkan 2 sampai 5 lapisan. Seringnya 2 lapisan dituangkan, yang pertama leveling dan kedua adalah finishing. Penambahan lapisan bisa dilakukan untuk memasang epoxy lantai bentuk 3D. Anda membutuhkan penggunaan lapisan priming, pelindung, dan dekoratif.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan fondasi lantai yang akan diaplikasikan epoxy apakah keropos atau tidak. Jika keropos, dibutuhkan lapisan pengisi tambahan. Pastikan juga kerataan dan perbedaan tingkat permukaannya. Jika terlalu merata, konsumsi bahan tambahan dibutuhkan untuk membuat leveling.

Untuk ketebalan, pertimbangkan di ruang mana epoxy akan dituangkan. Pada ruang tamu, cukup gunakan minimum 1,5mm dan maksimum 77mm. Pada lantai gedung industri atau perkantoran, ketebalan epoxy yang direkomendasikan yakni 100mm karena lantai memiliki beban yang lebih besar.

Penting juga diketahui, jika menggunakan campuran poliuretan bisa menghasilkan lantai setebal 2 mm, polimer sekitar 8 mm, dan epoksi berkisar 5 mm.

Demikian cara menghitung cat epoxy yang perlu diketahui. Setelah mendapatkan hasil perhitungan, sebaiknya tambahkan menambahkan 10-15%. Itu akan membantu jika ada kekurangan material karena kerusakan atau kesalahan hitung.

Editor: Adskhan Fawwaz Al Farizi