Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat rumah walet ukuran 4x6?

Biaya Pembuatan Rumah Walet 4x6 Dinding Hebel

Jika berencana mencicipi manisnya budidaya sarang walet, kami di sini akan memaparkan biaya pembuatan rumah walet 4x6

Biaya Pembuatan Rumah Walet 4x6 Dinding Hebelrumah walet
via kanalsumatera

Ukuran yang kami jadikan contoh menggunakan kontruksi kayu dan dinding dari bata ringan.

Jika berencana mencicipi manisnya budidaya sarang walet, kami di sini akan memaparkan biaya pembuatan rumah walet 4x6. Ukuran yang kami jadikan contoh menggunakan kontruksi kayu dan dinding dari bata ringan. Langsung saja masuk ke pembahasannya.

Detail Bangunan Rumah Walet 4x6

Rumah walet yang kami jadikan contoh menggunakan kayu, dinding dari bata ringan dan pondasi di enam titik. Ini tergantung dari lokasi yang akan dibangun juga.

Jika lokasinya tanah bekas rawa atau area persawahan, dibutuhkan cakar ayam dan pancangan tiang ulin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Rincian Biaya Pembuatan Rumah Walet 4x6

Pondasi Gedung 

Ketinggian pondasi batu gunung sekitar 40 cm dengan lebar atas 40 cm. Pondasi batu gunung hanya digunakan pada bagian keliling bangunan, sementara untuk bagian tengahnya (melintang) kami menggunakan balok gantung (slop gantung).

Pembesian slop menggunakan besi 8 dan begel menggunakan besi 6. Ukuran besi begel 14 cm x 17 cm dengan jarak sekitar 20 cm per begel.

Keliling ruang

Dinding menggunakan pasangan bata hebel. Berikut kami berikan perhitungan untuk sebuah ruang dengan ukuran 4x6 m dengan tinggi 3 m:

=2 x (P x L)

=2 x (4 m + 6m)

= 20 m2

Luas dinding

= Keliling ruang x tinggi ruang

= 20 m x 3 m

= 60 m²

Bata ringan aerasi untuk 1 m²

= 0,086 m3

Kebutuhan bata ringan aerasi

= Luas dinding x bata ringan aerasi untuk 1 m2

= 60 m² x 0,086 m3/m²

= 5,16 m3 (pembulatan ke atas menjadi 6 m3)

Dengan ruangan berukuran 4 m x 6 m dengan tinggi 3 m, maka dibutuhkan bata ringan aeras sejumlah 6 m3. Jika menggunakan bata ringan merk AAC seharga Rp 700.000/m3, maka dana yang perlu dipersiapkan : 

= 6 x Rp700.000

= Rp4.200.000 (harga belum termasuk semen perekat dan biaya pemasangan)

Material lantai yang digunakan masih tanah untuk menghemat budget. Tapi jika ingin menggunakan lantai cor semen, Anda perlu menghitungnya lagi.

Jarak Sirip Gedung Walet

Sirip yang digunakan adalah kayu ulin dengan jarak sekitar 30 cm. Tinggi kuda-kuda pada bubungan sekitar 1 meter dan sebagai area untuk ventilasi antara atap dengan plafon menggunakan jarak 20 cm. 

Penting untuk membuat angin-angin sebanyak mungkin untuk area plafon ini agar panas yang menembus atap dapat mengalir keluar dengan sempurna.

Pada bagian plafon, tepatnya di bawah atap, kami menggunakan styrofoam dengan ketebalan 2 cm untuk menahan panas dari atap seng. Untuk lebih rincinya, kami telah membuat tabel material yang dibutuhkan dan pekiraan harganya.


Tabel di atas hanya perhitungan kasar saja. Harganya juga tiap daerah mempunyai patokan yang berbeda-beda. 

Semakin banyak lantai yang ingin dibangun, maka akan semakin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Apalagi jika dalam proses pembuatannya menggunakan material dengan kualitas baik agar tidak mudah rusak.

Untuk membangun rumah walet dengan ukuran kecil biasanya dibutuhkan 50 juta hingga 80 juta. Sementara rumah yang lebih besar memakan biaya hingga ratusan juta.

Itulah cara menghitung biaya pembuatan rumah walet 4x6. Semoga bisa membantu mengetahui budget yang dibutuhkan secara kasar. Biaya diatas hanya satu lantai saja, jika ingin menambah 2-3 lantai, Anda perlu biaya tambahan. Budget di atas juga belum termasuk ongkos tukang.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini