Apa terjemahan arsitek dalam bahasa Arab?

Arsitek dalam Bahasa Arab dan Tugasnya

Arsitek merupakan salah satu profesi penting ketika seseorang ingin melakukan pembangunan gedung.

Arsitek dalam Bahasa Arab dan Tugasnyaarchitect opening blueprint
via Freepik

Arsitek akan membantu klien merancang bangunan dengan desain dan rencana anggaran biaya.

Apa terjemahan arsitek dalam bahasa Arab? Kami akan membahasnnya di sini. Arsitek merupakan salah satu profesi penting ketika seseorang ingin melakukan pembangunan gedung.

Arsitek akan membantu klien merancang bangunan dengan desain dan rencana anggaran biaya. Selain membahas terjemahan arsitek dalam Bahasa Arab, kami juga akan memaparkan peran dan jenis-jenisnya.

Pengertian Arsitek
Profesi arsitek merupakan seseorang yang ahli merancang dan menggambar bangunan. Biasanya, ia juga sekaligus sebagai penyedia kontruksinya. 

Arsitek berasal dari bahasa perancis, architecte dan bahasa Latin architectus. Asal katanya juga berakar dari bahasa Yunani arkhitekton yang artinya kepala tukang atau kepala proyek.

Secara umum, seorang arsitek bertugas merencanakan dan merancang bangunan dalam hal konsep, estetika dan fungsionalitas. Pekerjaanya juga mencakup bidang yang lebih luas lagi seperti kompleks bangunan. 

Di sebuah proyek yang besar, seorang arsitek bertugas sebagai pengarah dan mengontrol pekerjaan kontraktor.

Arsitek dalam Bahasa Arab

Terjemahan arsitek dalam bahasa arab yakni مُهَنْدِسٌ مِعْمَارِيٌّ (muhandisun mi'maariyyun). Artinya seseorang yang memiliki kemampuan mengombinasikan desain dan fungsi bangunan.

Beberapa contoh kalimat arsitek dalam Bahssa Arab : 

  • Dia arsitek yang merancang bangunan apartemen baru di dekat arena olahraga =الشخص الذي صمم مبنى الشقق بالقرب من الساحات الرياضية
  • Jika Anda ingin melihat grand arsitek, lihat ke kiri = إذا تَتمنّى رُؤية مُصمّمِه الكبيرِ، إنظرْ إلى يسارِكَ
  • Jadi, si arsitek aneh itu menyukaimu Kau tahu itu, kan = إذن ذلك المهندس المعماري الفظ معحب بكِ، تعلمين ذلك صحيح
  • Jika kau seorang Arsitek, Ini tempat yang tepat untuk bekerja = إن كنت مهندسة معماريّة، فهذا هو المكان المنشود للعمل
  • Tubuhmu seperti atlet angkat berat, bukan arsitek = إنك تبد كـ رافع أثقال، وليس مهندس
  • Dia itu seorang arsitek, yang mendesain hotel = إنهُ مهندس معماري يصمم ملجأ
  • Aku belajar untuk menjadi seorang arsitek, sebenarnya = أجل لقد درستُ التصميم المعماري في الحقيقة
  • Dimana kutemukan rancangan di situs arsitek mereka = أين, وجدت المخطّطات لتصميم مقرهما

Peran Dan Tugas Arsitek

Untuk mengetahui peran dan tugas seorang arsitek lebih jauh lagi, berikut penjelasannya.

1. Perantara Pihak Klien Dan Kontraktor

Peran arsitek pertama yakni menjadi penyambung lidah antara klien dan kontraktor. Di lapangan, meski kontraktor yang mengerjakan proyek, tapi komunikasi akan jauh lebih banyak dengan arsitek.

Arsitek nantinya akan menerjemahkan keinginan klien ke kontraktor dengan bahasa yang mudah dipahami. Secara teknis, itu penting dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya pengetahuan luas dibidangnya. 

2. Pengawas Selama Jalannya Proses Pembangunan

Arsitek juga bertugas sebagai pengawas selama proses pembangunan mulai dari rancang bangun, pemilihan bahan bangunan hingga pelaksanaanya. Dengan adanya arsitek di lapangan, klien tidak perlu datang ke lokasi setiap hari.

Ini penting jika klien menggunakan jasa arsitek. Semua masalah saat proses pembangunan bisa diatasi karena salah satu tugas arsitek juga memberikan solusi atas masalah-masalah yang muncul.

3. Mengerjakan Konsep Rancang Bangun

Arsitek harus memverifikasi dan semua data dan informasi dari klien, kemudian menganalisisnya dan mengolah untuk mendapatkan konsep yang dimaksud.

Dari situ, ia akan menuangkannya dalam bentuk gambar. Di tahap ini, arsitek perlu merangkum proyeksi luas bangunan, kontruksi, material yang dibutuhkan, estimasi waktu dan biaya.

Profesi arsitek sekarang ini makin banyak diminati sering permintaan pembangunan hunian yang makin tinggi. Semoga penjelasan arsitek dalam bahasa Arab, serta tugas dan fungsinya di atas bisa menjadi panduan untuk memilik arsitek. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini