Apa Itu Void dalam Dunia Properti? Ini Penjelasannya!

Dalam dunia properti, terdapat istilah yang sering digunakan yaitu void. Void adalah area kosong pada bangunan yang membuat rumah jadi tampak lapang dan luas.

,

Selain teras dan dan foyer, void juga merupakan komponen yang membantu meningkatkan nilai jual sebuah properti. Bagi Anda yang masih awam dalam dunia arsitektur maupun properti, mungkin masih asing dengan istilah void. 

Secara sederhana, void adalah desain pada rumah yang memungkinkan hunian Anda menerima pencahayaan yang cukup dari area luar, terutama jika rumah Anda berlantai 2 atau lebih. 

Jika Anda termasuk salah satu pemilik rumah atau bangunan, sudahkah properti Anda memiliki komponen ini? Kalau belum, yuk pelajari dulu tentang apa itu void dan manfaatnya untuk bangunan Anda.

Void Adalah?

Sebenarnya, pengaplikasian void mungkin sudah sering Anda lihat dan jumpai, tapi mungkin Anda tidak menyadarinya. Bila Anda pernah melihat ruangan terbuka yang berada di tengah-tengah atau di antara lantai satu dengan lantai dua, itulah void. 

Dari pengertian tersebut, bisa dibilang bahwa void memang biasa diterapkan pada rumah atau bangunan bertingkat. Atau bisa juga diaplikasikan pada rumah atau bangunan satu lantai, jika plafonnya tinggi. Karena penerapannya inilah, void juga bisa disebut dengan istilah plafon ganda. 

Pembuatan void memang sangat direkomendasikan bagi pemilik rumah yang mengusung konsep minimalis dengan space terbatas antar ruang atau lantainya. Pasalnya, memberikan jendela di semua ruangan yang relatif sempit untuk memperoleh pencahayaan yang cukup tentu tidak efektif bagi rumah minimalis. Maka dari itulah, solusinya yaitu dengan membuat void. 

Manfaat Void Untuk Hunian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembuatan pada rumah atau bangunan, terutama yang berkonsep minimalis, bisa sangat menguntungkan. Salah satunya adalah bisa membantu Anda menghemat penggunaan listrik. Selain itu, berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan void pada hunian:

1. Lebih Hemat Energi

Bangunan atau rumah yang minimalis dan cenderung berukuran sempit biasanya kesulitan mendapatkan pencahayaan alami yang cukup. Tak jarang pemilik rumah minimalis bahkan harus menyalakan lampu saat siang hari demi memperoleh penerangan.  Hal tersebut secara otomatis membuat Anda menjadi boros listrik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa coba pertimbangkan untuk membuat void. Pembangunan void akan membantu hunian Anda memperoleh pencahayaan yang cukup dari satu sumber. Jadi, rumah Anda jadi lebih hemat listrik serta memberikan kesan homey dan hangat pada hunian. 

2. Membuat Rumah Tampak Lebih Lapang

Pembangunan void juga dapat membantu meminimalisir terlalu banyak sekat dalam rumah Anda, dengan demikian membuat ruangan jadi tampak lebih luas. Karena manfaat inilah, penerapan void kerap dipakai dalam konsep open plan saat pembangunan rumah. Artinya, void berperan sebagai bagian terbuka yang tampak lega dan luas sekaligus menjadi penghubung antar tingkatan lantai.

3. Membantu Pencahayaan Lebih Optimal

Manfaat lain dari void adalah mengoptimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. jadi, bagi Anda yang ingin memiliki rumah berkonsep terang, jangan lupa untuk membuat void juga. Selain memaksimalkan pencahayaan, pancaran sinar matahari terbenam saat sore hari juga pasti bikin interior rumah Anda jadi lebih estetik.

4. Memperlancar Sirkulasi Udara

Pembuatan void dalam hunian juga akan membuat sirkulasi udara yang masuk dan keluar jadi semakin lancar. Terlebih lagi jika di salah satu sisi dinding voidnya diberi jendela.


Itulah informasi seputar void dan manfaatnya diterapkan pada hunian atau bangunan Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mendesain hunian Anda dengan void?