Apa Itu Garasi? Inilah Definisi dan Fungsinya

Garasi adalah tempat yang fungsi utamanya sebagai tempat parkir kendaraan. Ukuran lahan yang diperlukan minimal 2,3 x 5 meter.

Apa Itu Garasi? Inilah Definisi dan FungsinyaPexels by Luis Yanez

Garasi adalah bagian dari rumah atau bangunan independen, yang awalnya dirancang sebagai tempat untuk menyimpan dan melindungi kendaraan. Meskipun secara tradisional, ruangan ini hanya digunakan menampung kendaraan, dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memanfaatkan garasi untuk berbagai keperluan.

Misalnya, menjadi tempat penyimpanan barang-barang rumah tangga, bengkel, ruang olahraga, atau bahkan ruang tamu tambahan. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan garasi dan apa saja fungsinya?

Apa Itu Garasi?

Secara tradisional, garasi merupakan bangunan terpisah dari rumah utama, biasanya disebut garasi terpisah. Dulunya, garasi dibangun untuk menampung kendaraan (seperti mobil, motor, atau truk) supaya terlindungi, lengkap dengan banyak ruang untuk menyimpan barang-barang seperti mesin pemotong rumput atau alat-alat listrik juga. 

Lantainya sengaja dibuat dari beton atau hanya berlapis semen karena biasanya kendaraan akan melaju dan diparkir di sana. Ruangan ini juga seringkali difungsikan untuk melakukan pekerjaan konstruksi ringan atau mekanis. 

Ciri khas dari garasi adalah memiliki satu pintu besar yang dapat bergerak melalui rantai manual yang besar sehingga dapat dibuka-tutup dengan menarik pintu ke langit-langit. Namun pada garasi modern, pintu biasanya dioperasikan dengan penggerak rantai listrik, yang dikendalikan oleh sakelar di dalam, serta remote control yang dapat disimpan di dalam mobil sehingga pintu dapat dibuka dari luar saat mobil mendekat. 

Fungsi Garasi

Berbeda dari carport yang hanya digunakan untuk memarkir kendaraan di depan rumah, garasi memiliki fungsi yang lebih dari sekedar itu. Di antaranya:

1. Tempat Untuk Memarkir Kendaraan

Fungsi asli dari garasi tentu saja sebagai tempat untuk memarkir kendaraan. Jika Anda memiliki garasi yang ideal di rumah Anda, akan menjadi keuntungan tersendiri bisa menyimpan kendaraan supaya tetap terawat dan melindunginya dari tindak kriminal yang mungkin terjadi. Apalagi jika Anda tinggal di perkotaan, maka kendaraan Anda tentu lebih rentan rusak atau dicuri karena tidak ada perlindungan. 

2. Sebagai Tempat Penyimpanan Tambahan

Garasi juga bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan ekstra. Anda bisa menambahkan beberapa rak penyimpanan atau kabinet untuk meletakkan perlengkapan seperti dongkrak, kunci (wrench), kaleng cat, oli, kuas, palu, obeng, dan lain-lain guna menjaga kerapihan garasi Anda.

3. Bengkel 

Menggunakan garasi sebagai ruang bengkel bisa berguna saat Anda perlu memperbaiki sesuatu, mengasah alat atau menggunakan mesin. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan merusak perabot atau barang berharga di dalam rumah. 

4. Hiburan 

Menyulap garasi Anda bioskop atau tempat untuk menyelenggarakan pesta perayaan, kenapa tidak? Garasi umumnya lebih kedap suara ketimbang ruangan lain, sehingga menjadikannya tempat yang berguna untuk pesta dan bermain musik. 

Tak jarang pemilik rumah memanfaatkan garasi sebagai tempat untuk karaoke, berlatih band, berlatih alat musik, dan sebagainya. Asalkan, Anda tetap memastikan kebersihan dan tidak mengganggu ketenangan tamu atau tetangga sekitar.

5. Ruang Kerajinan

Menekuni hobi sering kali membuat ruangan berantakan. Solusinya, Anda bisa mengalihfungsikan garasi menjadi area untuk kerajinan tangan. Anda juga tak perlu risau bila anak-anak atau hewan peliharaan Anda turut ‘berpartisipasi’ saat Anda berkarya. 

Pasalnya, noda di permukaan lantai garasi kemungkinan lebih dapat ditoleransi daripada permadani ruang tamu. Anda dapat menambahkan rak atau laci ekstra untuk menyimpan cat dan perlengkapan seni lainnya. Bahkan jika kerajinan Anda termasuk membuat furnitur atau menggunakan mesin, garasi adalah tempat yang tepat untuk itu! 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai garasi dan fungsinya. Apakah Anda terinspirasi untuk merenovasi garasi jadi lebih multifungsi seperti beberapa contoh yang disebutkan di atas?

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini