Mengenal Apa Itu Foyer dan Tips Mendekorasinya

Bisa dikatakan bahwa foyer adalah serambi rumah. Fungsinya adalah sebagai ruang transisi antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah.

Mengenal Apa Itu Foyer dan Tips MendekorasinyaPexels Allyson Salness

Area pertama yang Anda lihat saat memasuki rumah penting membuat kesan yang besar, terutama bagi tamu yang datang! Dan area tersebut adalah foyer atau serambi. Ukuran ruang ini bervariasi, dari kecil hingga luas, tergantung tipe rumah dan kebutuhan Anda. 

Mau tahu apa itu foyer beserta fungsi dan tips mendekorasinya agar tampak cozy? Simak artikel ini!

Apa Itu Foyer?

Foyer atau serambi adalah area di bagian depan rumah, yang dimasuki setelah melewati pintu depan. Area ini menjadi penghubung antara pintu masuk rumah dengan bagian interior lainnya.

Sederhananya, foyer adalah ruang interior yang menghubungkan pintu masuk rumah ke bagian rumah lainnya. Ruang ini juga dikenal sebagai aula masuk, lorong, pintu masuk, atau ruang depan. Tidak hanya sebagai penghubung area luar dan dalam rumah, foyer juga memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai ruang penyimpanan tambahan. 

Foyer adalah hal pertama yang dilihat tamu yang berkunjung setelah mereka berjalan melewati pintu depan Anda dan memasuki rumah Anda. Dengan mengingat hal itu, maka poin selanjutnya dari artikel ini akan memberi Anda tips mendekorasi foyer supaya lebih keren dan berkesan.

Tips Mendekorasi Foyer 

Mendesain serambi supaya tampak lebih homey dan cozy bukanlah tugas yang mudah. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Tambahkan Meja atau Rak 

Setiap foyer harus memiliki semacam permukaan di mana Anda dapat meletakkan kunci, surat, uang receh, atau apa pun yang biasa Anda ambil atau letakkan saat Anda masuk dan keluar rumah. Maka dari itu, menambahkan fitur meja atau rak dinding akan sangat berguna untuk menjaga serambi Anda tetap rapi. 

2. Letakkan Cermin 

Saat Anda masuk atau keluar rumah dan melewati serambi rumah, Anda mungkin ingin melihat atau memastikan penampilan Anda. Jadi, menyertakan cermin saat mendekorasi serambi merupakan ide bagus. 

Anda bisa menggunakan cermin ukuran penuh atau cermin gantung, tergantung kebutuhan Anda. Menempatkan cermin di serambi juga bagus untuk memantulkan cahaya sehingga dapat membuat area tersebut tampak dan terasa lebih besar. 

3. Tambahkan Lampu Gantung

Untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, banyak pemilik rumah yang menyertakan lampu gantung atau sumber cahaya lain seperti tempat lilin atau lampu meja. Namun, untuk bagian serambi, ada baiknya menggunakan lampu dengan cahaya lembut. Pencahayaan lembut dapat menciptakan suasana ramah bagi tamu.

4. Gelar Karpet

Untuk menambahkan kesan pertama yang homey dan hangat pada rumah Anda, cobalah gelar karpet di sepanjang serambi. Namun, jangan gunakan karpet yang terlalu tebal karena bisa jadi membuat pintu masuk rumah Anda sulit untuk dibuka-tutup.

5. Sediakan Rak atau Alas Sepatu 

Tips selanjutnya untuk mendesain serambi agar lebih cozy adalah menyediakan tempat khusus bagi orang untuk meletakkan sepatu mereka saat mereka melepasnya. Tempat rak sepatu di area yang mudah dijangkau. Karena jika tidak, orang biasanya akan malas untuk merapikannya sehingga sepatu cenderung terlempar dan berserakan di lantai. Jadinya, malah akan menghalangi pintu masuk, deh.

6. Tambahkan Gantungan Mantel atau Kait Dinding

Jika serambi Anda tidak memiliki cukup ruang untuk lemari, tambahkan gantungan mantel atau beberapa kait dinding untuk menggantung mantel dan tas. Pastikan juga Anda memiliki semacam tempat penyimpanan untuk topi, syal, dan aksesoris lainnya. 

7. Sediakan Tempat Untuk Menaruh Payung

Tempat payung adalah ide bagus jika Anda ingin mendesain foyer jadi lebih rapi dan nyaman. Ini juga jadi cara simpel untuk menambahkan elemen dekoratif pada serambi Anda. 

Apakah Anda memiliki foyer atau berencana membuatnya di rumah Anda? Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi Anda sebelum membuat atau mendesainnya.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini