7 Tips Mendesain Koridor Rumah Anda Agar Lebih Nyaman dan Estetik

Koridor merupakan lorong menjadi penghubung antar ruangan di dalam bangunan. Jika rumah Anda terdapat koridor, yuk buat ruangan tersebut jadi lebih estetis!

,

Koridor adalah lorong dalam bangunan yang biasanya menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya dan umumnya diapit oleh dinding yang kokoh. Desain yang tidak memadai dapat membuat koridor jadi tampak monoton, suram, dan sempit. 

Padahal, Jika menambahkan beberapa elemen dekorasi, koridor bisa menjadi ruang yang eye catching dan estetik. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menata koridor atau lorong agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Tips Mendesain Koridor Rumah

Supaya tidak tampak membosankan dan monoton, coba ikuti tips-tips simpel mendesain koridor rumah berikut ini:

1. View

Buat koridor dengan view outdoor untuk menghindari kesan yang membosankan pada lorong rumah Anda. Misalnya dengan meletakkan beberapa tanaman hias akan memberikan kesan fresh saat berjalan-jalan menyusuri lorong.

2. Dekorasi

Untuk menghindari kesan monoton, dinding dan sudut koridor bisa Anda hias seperti dengan menambahkan bingkai foto atau lukisan dekoratif. Dengan begitu, orang yang lewat dapat melihat-lihat foto atau lukisan di sepanjang koridor.

3. Tekstur Dinding

Menggunakan material finishing yang berbeda pada dinding koridor juga bisa membuat lorong menjadi lebih menarik. Anda bisa menggunakan dinding kayu atau grid, beton polos, serta pelapis dinding atau kain. Menggabungkan lebih dari satu tekstur juga bisa menambah dinamika ke dalam koridor.

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang memadai dapat membantu tampilan koridor Anda jadi lebih estetik. Caranya, Anda bisa menambahkan deretan lampu sorot yang diarahkan ke dinding dengan dekorasi (lampu dinding) atau lampu plafon di langit-langit untuk kecerahan yang merata di sepanjang koridor.

5. Gantung Beberapa Hiasan Dinding atau Foto

Koridor adalah tempat yang tepat untuk menggantung lukisan dan karya seni. Lebih baik lagi, jika Anda memajang potret keluarga, foto liburan, dan kenangan masa kecil yang berharga. 

Jadi, setiap kali Anda berjalan di sepanjang lorong, Anda akan melihat kenangan yang Anda sukai dan hargai. Untuk menciptakan tampilan yang kohesif, gunakan bingkai serupa, dan gantunglah gambar setinggi mata untuk efek terbaik.

6. Tambahkan Rak Buku

Anda tidak tertarik memajang foto atau lukisan? Kalau begitu, ubah koridor Anda jadi perpustakaan mini yang berisi buku-buku favorit kamu. Bahkan jika koridornya sempit yang lebarnya hanya satu kaki saja sudah cukup untuk mewujudkan desain koridor ini. 

Anda dapat menggunakan rak buku dari lantai ke langit-langit, atau menambahkan rak dinding gantung sebanyak yang Anda butuhkan. Selain unik, nuansa lorong juga akan terasa lebih estetik dan eye catching.

7. Gunakan Cermin Dekoratif

Cermin dekoratif adalah cara yang bagus untuk mempercantik lorong. Cermin di sepanjang koridor tidak hanya akan membuatnya tampak lebih lebar dari aslinya, tetapi juga berfungsi untuk memantulkan cahaya di sepanjang dinding dan mencerahkan ruangan yang gelap. 

Anda dapat menggunakan cermin yang luas di sepanjang dinding lorong, cermin dekoratif gantung di tengah-tengah dinding lorong, atau bahkan cermin di bagian plafon koridor Anda. Selain akan memaksimalkan pencahayaan, koridor Anda juga akan tampak lebih lapang dan anggun. 

Itulah beberapa tips mendesain koridor rumah yang bisa Anda lakukan supaya tampak lebih unik dan menarik. Kalau Anda tertarik mengaplikasikan tips yang mana?