6 Ide Desain Rooftop Agar Estetik dan Fungsional

Rooftop adalah area datar pada sebuah rumah atau bangunan yang terletak di bagian paling atas. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa gunakan ide desain di bawah ini supaya rooftop lebih estetik dan fungsional.

6 Ide Desain Rooftop Agar Estetik dan FungsionalPexels by Athena

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pemilik rumah yang memiliki rooftop, bahkan jika Anda tinggal di perkotaan atau pedesaan. Biasanya rooftop hanya digunakan sebagai tempat menjemur pakaian atau area laundry. 

Padahal, Anda bisa mendekorasi rooftop menjadi cantik seperti menempatkan sofa, membuat taman dan lainnya. Yuk, simak 6 ide desain rooftop berikut ini yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk diterapkan di bangunan atau hunian Anda. 

Rooftop Adalah?

Jika bangunan atau rumah Anda memiliki atap datar berupa dak beton, itulah yang disebut rooftop. Umumnya, rooftop hanya difungsikan sebagai tempat menjemur baju atau bahkan dibiarkan kosong begitu saja. Sayang sekali, bukan? 

Padahal Anda bisa memanfaatkan keberadaan rooftop semaksimal mungkin untuk menambah ruang hidup rumah Anda. Entah itu sebagai tempat bersantai, olahraga, bahkan tempat untuk pertemuan formal.

Ide Desain Rooftop


1. Rooftop dengan Rumput Sintetis dan Palet Kayu

Jika Anda ingin bersantai dengan tenang dan leluasa, buatlah rooftop menjadi luas tanpa ada penempatan furnitur. Cukup pasangkan rumput sintetis dan kombinasikan dengan palet kayu untuk menciptakan suasana segar dan alami. 

Dengan desain yang sederhana ini, Anda bisa bersantai bahkan belajar atau bekerja di rooftop yang luas. Ide desain ini juga sangat cocok buat Anda yang memiliki rumah minimalis dengan rooftop agak kecil.

2. Rooftop dengan Fire Pit dan Sofa Untuk Bersantai

Untuk desain ini, Anda akan memerlukan pembatas pagar rooftop berbahan kaca yang tidak akan menghalangi pandangan Anda dari pemandangan rooftop yang indah. Selanjutnya, letakkan sofa yang mengelilingi pembatas dan tempatkan bantal atau selimut untuk membuat tempat duduk nyaman. 

Kemudian, tempatkan fire pit di bagian tengah yang bisa Anda gunakan untuk membuat suasana lebih hangat, bahkan mengadakan pesta atau barbekyu di malam hari. Tak ketinggalan dengan tanaman yang mampu mengubah suasana menjadi segar dan menyejukkan.

3. Tambahkan Area Shelter dengan Fresh Mini Garden

Jadikan rooftop menjadi area yang nyaman dan menyejukkan. Dengan desain terbuka tanpa atap, Anda bisa membuat tempat berteduh untuk menikmati pemandangan di area rooftop. Bangun shelter berbahan kayu, lalu letakkan sofa kayu dan beri bantalan sofa. Kemudian, tempatkan pohon-pohon mini atau tanaman lain di sekitar shelter agar suasana menjadi alami dan rileks.

4. Gaya Bohemian

Letakkan furniture outdoor yang tahan lama di rooftop, seperti sofa dari rotan sintetis. Lalu, tempatkan tanaman untuk mempercantik area. Anda dapat memasangkan string light agar pencahayaannya lebih estetik dan mendapatkan suasana romantis saat malam tiba.

5. Ubah Rooftop Menjadi Tempat Berkumpul Formal Maupun Informal

Anda juga bisa mendesain rooftop menjadi tempat yang fungsional dan efisien. Anda bisa menempatkan meja panjang dan kursi untuk tempat duduk. Kemudian, tutupi area tempat duduk ini dengan atap kanopi dan dinding partisi untuk pembatas. Hiasi dengan menempatkan lampion atau lampu lainnya. 

Anda dapat menggunakan area ini untuk situasi formal seperti meeting dengan klien, makan malam dengan rekan kerja. Atau digunakan untuk situasi informal seperti pesta, sarapan dan makan malam bersama keluarga atau teman, dan lain-lain.

6. Ubah Rooftop Jadi Area Berjemur atau Olahraga

Anda tidak harus pergi ke pantai atau daerah tropis untuk berjemur. Manfaatkan rooftop yang kosong untuk menciptakan area berjemur yang cantik dan nyaman. Gunakan lantai dari papan kayu, lalu tempatkan kursi panjang untuk berjemur. Agar tempat tidak terasa hambar, Anda bisa membangun taman mini di dekat tempat berjemur. 


Itulah penjelasan tentang rooftop serta beberapa ide desain yang bisa Anda eksekusi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Ternyata rooftop bisa jadi tempat yang fungsional dan menarik, bukan?

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini